Cacar Air, Penyakit Ringgan Yang Tak Bisa Diremehkan


Hallo... Bunda bagaimana kabar anak-anak?, semoga sehat dan tetap seria ya. Kali ini saya ingin membahas tentang “Cacar Air”, terlalu banyak hal tersebar tentang Hoax mengenai penyakit Cacar Air ini dan terkadang kita sebagai orangtua salah untuk menanganinya.

Cacar Air atau Chicken Pox Adalah penyakit infeksi yang disebabkan virus varicella-zoster. Penyakit Cacar Air ini umumnya ringan tetapi sangat menular, jadi kalo ada anak tau keluarga terkena Cacar Air ada baiknya angota keluarga lainya tidak mendekati si pasien dulu ya bunda . Pada sebagian kecil kasus, Virus Varicella-Zoster dapat menyebabkan infeksi berat dan menimbulkan komplikasi yang berat pula, terutama bila menenai remaja atau dewasa serta orang-orang yang memiliki gangguan sistem imun. Namun, umumnya manifestasi penyakit Cacar Air adalag ringan.



Ciri-Ciri Anak Menderita Cacar Air

Ruam dimulai dengan warna kemerahan pada kulit yang kemudian disertau munculnya bintik yang berair (seperti melepuh).  Akan muncul berawal dari badan, ruam akan meluas ke wajah, tangan dan kaki.
Untuk ruam pun yang muncul bervariasi memilik ciri-ciri yang tak pasti, ada yang baru tampak kemerahan pada kulit, ada yang baru muncul bintil (seperti melepuh) dan ada yang sudah kering dan berubah menjadi kropeng (kusta).  Penyakit Cacar Air biasanya memiliki umur/waktu 1-2 minggu dan dapat disetai deman ringan ataupun tanpa deman, jika daya imun pasien baik maka penyakit cacar air akan sembuh dengan segera dan bunda harus memberikan nutrisi yang baik untuk anak yang sedang mengdap penyakit cacar air.

Cacar Air Penyakit Menular Itu Fakta.

Dulu saya tidak tau jika penyakit Cacar Air itu bisa menulai, waktu adik saya terkena Cacar Air lalu berselang 4 hari sepupu saya yang kebetulan sedang meninap ikut tertular juga. Lalu bagai mana cara Cacar Air menular?, Virus Varicella-zoster terdapat pada cairan-cairan tubuh, sehingga penularan  cacar air adalah melalui udara (percikan air liur penderita saat batuk/bersin/bicara) atau ingus (sekret hidung), dan kontak langsung dengan cairan pada lepuh/bintil yang ada pada tubuh penderita cacar air.
Penderita/anak yang terkena cacar air kita tetap harus menjaga kebersihan badanya, Jadi anak tetap harus kita mandikan.  Bunda dapat memberika antiseptik kedalam air mandi  untuk mengganti cabun kalo anak takut merasa cacar airnya tersentuh. Anak boleh dimandikan dengan air hangat, tapi saat menggunakan handuk Bunda harus hati-hati agar tidak sampai menyebabkan lepuh/bintil yang ada menjadi pecah atau terluka karna terkena gesekan handuk dan perlu di cacat handuknya harus ita pisahkan agar tidak menular pada anggota keluarga yang lain.

Apakah Anak yang sudah di Vaksinasi, akan tetap terkena Cacar Air

Anak akan tetap tertulah Cacar Air  walaupun sudah mendapatkan Vaksinasi Varicella. Vaksin Varicella 85-90% efektif untuk mencegah penyakit Cacar Air  menjadi sedang atau berat. Vaksin Varicella juga efektif dalam menguragi jumlah lepuh yang muncul. Vaksin Cacar Air ini dapat diberikan pada anak mulai usia 12 bulan.

Berdasarkan rekomendasi ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), vaksinasi Varicella diberikan pada anak 1 kali. Bila diberiak pada anak berusia di atas 13 tahun atau pada orang dewasa, maka pemberian vaksin akan dilakukan sebanyak 2 kali dengan jarak 4 hingga 8 minggu.
Anak yang sedang sakit Cacar Air sebaiknya diam dirumah saja tidak usah masuk sekolah atau bermain diluar ya bunda, karna dapat menularkan teman-temanya yang lain. Anak yang sudah pernah menderita Cacar Air tidak akan tertular kempali. Setelah mengalami cacar Air.

Semoga Informasi ini dapat membantu Bunda dan ayah  atau siapa pun yang sedang gelisah dang galau kaena anada sedang sakit Cacar Air, Semoga Ananda lekas sembuh, Terima Kasih.


Komentar

  1. Aku seumur2 belum kena cacar air, anak2ku juga belum Mudah-mudahan si jangan Ya Alloh, suka kasian kalau liat anak yang kena. Apalagi lumayan lama ya kalau udah kena.

    BalasHapus
  2. Aku pernah kena cacar air juga waktu SD dulu. Sekarang juga kayaknya lagi musim nih ya.

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu klo cacar air ini menular. Saya tahunya, ini emang jadi sakit nya seumur idup tiap orang. Maksudnya ya, bakal ada masanya tiap orang kena cacar air. Bener gtu ga sih?

    BalasHapus
  4. Thanks ya Echi untuk info kesehatan yang sangat bermanfaat. Sebagai orangtua kita memang harus aware masalah cacar air

    BalasHapus
  5. aku dulu pas sd kena cacar air.. pernah juga cacar yang nanah itu... alhamdulillah sembuh... dalam waktu lima hari semua....

    BalasHapus
  6. Iya ya cacar air ngeganggu banget ya. Ini anakku bekasnya kayak keloid ya. Aku sendiri ya belum kena cacar air. Konon pas kering justru nular ya

    BalasHapus
  7. Anakku kedua sudah kena cavar air, awalnya kakaknya tertular teman sekelasnya.. kakaknya hampir sembuh menular ke adiknya.. memang fakta menular.. Alhamdulillah bapak dan Ibunya tidak tertular

    BalasHapus
  8. Aku ingat bgt, waktu aku kena cacar air, sama ibuku diborehin parutan jagung dan cpt kering. Gak berbekas juga

    BalasHapus
  9. Wah..aku lupa apakah dulu pernah ke mana cacar..he2, tapi kalo seingatku gak ada...kalo campak atau gondongan waktu kecil pernah... Penyakit menular..yg selalu menghantui anak2 ini mah .

    BalasHapus
  10. Waktu kecil pernah kena cacar air, duh nggak enak banget, badan demam dan kulit gatal, keluar bentol berair, nggak boleh digaruk semoga anak-anakku nggak kena cacar air

    BalasHapus
  11. Masa kecil aku, pernah kena cacar air, kalau nggak salah aku garukin.
    Akhirnya membekas sampai sekarang, hehe

    BalasHapus
  12. Aku peenap kena cacar aoa, waktu kecil, terus aku garukin.
    Membekas deh sampai sekarang, hehe

    BalasHapus
  13. Anakku juga pernah mengalami cacar air sampai parah sekali sehingga saya beberapa kali membawa ke dokter dan ternyata ketika terkena cacar air memberikan bedak biang keringat bisa menjadi solusi untuk cepat kering

    BalasHapus
  14. Aku pernah mba ngalamin waktu ujian pas lulus2an SMA lagi sedih bngt tersiksa ya..

    BalasHapus
  15. cacar ini gampang banget nularnya, dulu aq barengan sama kedua adikku sakit cacarnya, tapi aq saat itu sudah kuliah, duh malu deh udah tua baru cacar terus harus nahan gak garuk2 wl gatel karena gak mau cacarnya berbekas..

    BalasHapus
  16. Waktu hamil 7 bulan, aku terkena cacar air dan itu bikin panik banget sampai harus rawat inap selama 3 hari..Untung bayinya bisa lahir sehat :)

    BalasHapus
  17. Iya memang cacar air menular. Tapi alhamdulillah Allah kasih ade sehat2 aja disaat 2 pria dirmh kena cacar air. Padahal ade belum pernah sama sekali kena cacar air.

    BalasHapus
  18. Cacar air harus telaten dan kasih asupan bagu ya biar cepat pulih

    BalasHapus
  19. Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk

Mendadak Belajar Bahasa Jawa, Di Kedai Bakso daerah Tebet