Qurban Di Pedalaman Bersama IBM

Assalamualaikum Bunda Hebat... Bagai mana liburan panjangnya pasti banyak cerita seru yang kita dapatkan bersama keluarga tercinta. Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan haji dan juga biasa disebut "Idul Adha". Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam, Pada hari ini diperingati peristiwa Qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah SWT, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.



Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan Salad Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan Qurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya. 

Dalam berkurban terdapat 5 syarat hewan yang akan dikurbankan secara global:
  1. Merupakan hewan ternak.
  2. Telah memenuhi umur.
  3. Terlepas dari cacat.
  4. Disembelih pada waktunya.
  5. Merupakan milik pribadi, hewan tersebut tidak terkait dengan hak orang lain.
Bahagianya jika kita bisa berbagi dengan masyarakat yang memang membutuhkan, pernah saat saya menjadi panitia Qurban beberapa tahun lalu ada seorang ibu-ibu bilang "Terima kasih ya neng alhamdulilah bisa makan daging walau setahun sekali" hati ini sedih banget, lalu bagai mana nasip saudara-saudara kita yang berada diplosok sana jika yang dekat di Ibu kota saja makan daging hanya bisa satu tahun sekali.



Insan Bumi Mandiri (IBM) bercita-cita untuk memberdayakan masyarakat yang memiliki keterbatasan akses di wilayah-wilayah terpencil dan pedalaman di Indonesia. Sejak tahun 2016, IBM telah memberikan layanan program bagi 12.500 warga pedalaman. Wilayah pelaksanaan program ini tersebar di 10 Provinsi, 22 kabupaten/kota, 53 kecamatan, dan 103 Desa yang melingkupi papua, Sulawesi, Nusa tenggara dan Sumatera.





Qurban Di Pedalaman _ Tepat Sasaran

 IMB mempunyai program untuk melaksanakan Qurban untuk saudara kita dipedalaman sana, karna minimnya jumlan Qurban serta masih rendahnya tingkat konsumsi daging pada masyarakat wilayah terpencil dan pedalaman di Indonesia, Ridwan Hilmi, selaku direktur IBM, ingin juga berbagi dengan masyarakat pedalaman disana dengan diadakanya "Qurban Di Pedalaman : Tepat Sasaran Menyambungkan Asa Hingga Pelosok Indonesia".

Ustadz Mubarak  sangat menyambut baik dengan program IBM ini, dan meng iyakan jangankan makan daging Qurban, yang Qurban saja di sini sangat sedikit. Rendahnya pengetahuan serta sumber daya para peternak lokal di NTT pun menjadi isu pemberdayaan yang menjadi sorotan IBM. Di NTT perternal lokah paling haanya memiliki dua atau tiga kambing saja, itu pun diurus sradanya jadi mereka belum memiliki orientasi ternak produktif di sana.

Saya mendapat cerita yang unik cara memelihara kambing di sana, Ustadz mubarak bercerita. Pemeliharaan hewan ternak di NTT itu sangat unik, jadi ada satu tempat untuk mereka menaro ternak-ternak mereka (kambing) dan kambing-kambing itu dibiarkan hidup liar di hutan\pulau terpencil dan nanti jika sudah ada yang membeli barulah para pemilik mencari ternak mereka satu-persatu. Yang pastinya mereka menandai kambingnya, ada yang dibagian kuping atau badanya diberi nama unik ya, tapi yang lebih seru lagi setelah kambing diambil dia akan menyeberangi lautan bahkan di naikan ke perahu, kalian bisa bayangkan bangai mana perjuangan para peternak di pedalaman sana.

pada tahun 2018 ini IBM ingin mencapai target menjadi 2.000 kambing serta 300 sapi, Agar kemanfaatan Qurban ini bisa dirasakan hingga keberbagai pelosok. Dan daging Qurban ini tepat sasaran ke masyarakat yang membutuhkan, prioritas utama wilayah distribusi Qurban di pedalaman ini adalah : Pulau Alor, Pulau Pantar, Lembata, Sikka, Wingapu sumba dan Manggarai Barat di Nusa Tenggara Timur.

Yuk bunda kita sukseskan program Insan Bumi Mandiri (IBM), kita dapat menyalurkan Qurban kita dan mempercayainya pada IBM untuk mengelola hewan Qurban kita Insyaallah Amanah.

Komentar

  1. Bagus banget programnya ya mba, jadi daerah pedalaman bisa merasakan kebaikan dari qurban.. Sukses selalu IBM!!

    BalasHapus
  2. Berkurban itu memang lebih afdol kalau sampai kepada mereka yang benar2 membutuhkan ya...

    BalasHapus
  3. semoga program ini semakin meluas, sehingga masyarakat yang bisa menerima kurban jad lebih banyak. Sukses selalu IBM

    BalasHapus
  4. Sebentar lagi agustus ya dikit lagi idhul adha. Smoga berlanjut program ini ya

    BalasHapus
  5. sekarang kita berkurban pun bisa via online yaa Mba. Dengan kemajuan teknologi, semakin mudah aja nih kita berbuat baik dan berbagi pada sesama

    BalasHapus
  6. Program dari Insan Bumi Mandiri (IBM) bagus nih, jadi kita berkurban bisa dirasakan sampai ke pelosok2.

    BalasHapus
  7. Mudah mudahan tahun ini saya bisa berqurban, kalo lewat IBM gimana caranya Bun?

    BalasHapus
  8. Ya, Allah baru ongat nih kami belum daftar tahun ini. Semoga ada rejeki segera. Apalagi kalo bisa qurban di wilayah terpencil

    BalasHapus
  9. Mudah2an tahun ini kita semua bisa berkurban ya, dilancarkan rezekinya sama Allah Swt untuk kurban, aamiin

    BalasHapus
  10. Senang ya Bun, sekarang berkorban tu bisa gampang. Hasilnya pun bisa dinikmati masyarakat yang bahkan kerap susah akses keterjangkauannya.

    BalasHapus
  11. IMB peka juga terhadap kondisi masyarakat di pedalaman. saya sendiri tidak mengira bahwa kondisi di sana tidak terjangkauan pembagian qurbannya

    BalasHapus
  12. Emang bangunannya gini..yang jauh di pedalaman yg diutamakan dalam penyaluran daging qurban..daripada cuma yg deket2 rumah..kadang dapat banyak banget..., dan mampu untuk beli daging...

    BalasHapus
  13. Lanjutkan, utamakan untuk yang benar2 membutuhkan.... Semangaaaat

    BalasHapus
  14. Akhirnya seua bisa merasakan qurban. merata diseluruh pelosok negeri. jadi yang nun jauh disana juga bisa ngerasain makan enak. mudah mudahan terus berlanjut

    BalasHapus
  15. Nah ini dia nih... Kadang daging kurban di kota besar berlimpah ruah banget sementara di pelosok justru ga dapet... Alhamdulillah sekarang bisa lebih merata ya...

    BalasHapus
  16. Salut buat IBM yang menyalurkan hewan qurban ke pelosok2, soalnya emang di kota tu suka melimpah. Dengan demikian kebahagiaan saat Idul Adha jg merata ya mbak :D

    BalasHapus
  17. Insya allah tahun ini, Blogger Eksis punya niat untuk berqurban. Semoga dimanapun kita berqurban bisa tersalurkan kepada mereka yang memang benar berhak untuk menerimanya.

    Sukses terus untuk IBM supaya distribusi hewan qurban'a lancar sampai pelosok pedalaman*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk

Manfaat Berolahraga bagi tubuh