Hidangan Idul Fitri, Resep Bakso kuah bonanza


Assalamualaikum Bunda... 

Bulan Ramadhan sudah tidak terasa hari demi hari berangsur menjauh dari kita, Idul Fitri sudah didepan mata seperti matahari yang siang menyingkirkan malam. Bulan suci Ramadhan sanagt dicintai oleh umat muslim dan rasanya sedih jika harus berpisah begitu cepat, karna setiap ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan ganjaran pahala yang begitu berlipat ganda dari bulan-bulan lainya, dimana pintu ampunan dan taubat di buka selebar-lebarnya.



Bicara soal Idul Fitri pasti banyak yang akan kita lakukan, dari sholat IED sampai silahturahmi ke tetangga hingga saudara yang jauh.  Disetiap daerah pastinya hidangan lebaran berbeda-beda tapi yang pastinya ada ketupat, rendang, sayur paya, sambal goreng ati dan opor. Hampir ke setiap rumah saudara pasti itu hidanganya, kadang sampe boseh loh rasanya tahun ini saya ingin bikin yang lain deh apa ya kira-kira.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman Blogger lainya mendapat undangan nih untuk buka puasa bersama di kawasan Serpong Tangerang, pastinya bukan buka puasa bisa kita akan dapet ilmu juga loh.

Tanggal 30 May 2018, Bonanza Beef, Yang  baru saja meluncurkan produk barunya yaitu “bakso Bonanza” Beef” mengundang para Blogger untuk ngabuburit sambil belajar masak di acara “Cooking C mlass” . Bertempat di Farmers Market Serpong.





Sudah tau dong arah tulisan saya kemana, kita akan bahas bakso. Hampir semua orang indonesia suka banget sama yang namanya bakso mulai bakso malang, bakso cangki, bakso urat, dan bakso beranak.  Bakso yang merupakan makanan khas tradisi Indonesia dan sudah menjadi budaya Indonesia. Bakso dapat diolah menjadi aneka ragam masakan. 

Mulai dari anak-anak, remaja hingga orangtua menyuka Bakso, tekstur bakso yang kenyal dan lembut ini menjadi daya tarik para peminatnya, Namun ada satu kendala, terkadang ada penjual yang nakal dengan menyampurkan olahan bakso dengan daging yang tidak segar, dan layak makan belum lagi tambahan zat kimia seperti borax dan bahan pengawet. Walau masih banyak pedagang jujur diluar sana yang masih menjaga kualitas baksonya dengan daging asli dan segar tanpa bahan pengawet.

Tentang Bakso bonanza
Daging sapi yang akan diolah menjadi  Bakso Bonanza berasal dari perternakan sendiri yang berlokasi di Terbanggian Besar, Lampunag. Perternakan ini sendiri melakukan metode ‘good farming practice’ yang menjamin kesehatan hewan keamanan pangan, dan diproses secara halal dan good manufacturing practice. Proses pemotongan diawasi dan dipastikan sesuai dengan syariat Islam, dan menjadikan Bakso Bonanza Halal dan terjamin kualitasnya.
Bonanza bakso Sapi mengandung 84% daging sapi, berasa banget dagingnya. Tanpa menggunakan bahan pengawet, maka itu harus disimpan di dalam frozen.



Saya sudah punya ide nih untuk hidangan lebaran nanti, agar saudara yang lain tidak bosen saya akan bikin olahan makanan dari bakso Bonanza aja ya, Bikin Bakso kuah sepertinya enak nih.

Resep ini saya dapatkan dari acara cooking class kemarin loh yang mengajarkan Chef Gaby, ada tiga menu yang diperagakan bakso Kuah Spesial Rumah, Bakso Bakar Yakitori ala Jepang dan  bakso goreng Crispy.

Chef Gaby menyarankan untuk membuat kuah menggunakan bumbu segar yang ada dirumah, jadi jangan guanakan bumbu instan ya, karena sebetulnya membuat bumbu kuah bakso daging sapi itu sangatlah mudah asalkan baksonya memang sudah enak dan berkualitas.



Resep Bakso kuah Bonanza

  • 500gr   tulang sapu
  • 3 Liter air
  • 6 butir kemiri
  • 8 sium bawang putih
  • 3 tangkai daun bawang (putihnya saja)
  • 8 sium bawang merah 9dimasak sampai carmelize/kecoklatan)
  • 1 pack Bakso Bonanza
 Bahan-abahanya sangat mudah sekalikan, kalian bisa tambahkan toping seperti sayuran, mie dan bahan lainya proses membuatnya pun tidak butuh waktu lama. Yuk bikin untuk hidangan Lebaran nanti biar nggak bosen daging rendang mulu kita bikin "Bakso kuah Rumahan" SElamat mencoba.

Komentar

  1. Waaah mbaak looks so yummy gtu baksonyaa, pengeen bakar sama bakso gorengnyaa. Harga satu bungkusnyaa berapa ya mbak? hehehe enak pratis dan lezat gtu. .

    btw makasih sharingnya dan salam kenal mbak echi :)

    BalasHapus
  2. Makan bakso pakai kuah gajih bikin napsu makan bertambah. Walau makan sama kerupuk doang

    BalasHapus
  3. Paling nikmat makan bakso di hari raya, soalnya di keluargaku juga ada tradisi makan bakso. Eh bukan tradisi sih, tapi biasanya siang dah bosen makan opor, nyari bakso deh. Hahaha

    BalasHapus
  4. resepnya simpel nanti coba ahh sebagai pemula untuk memasak ,suami paling suka bakso hehehe

    BalasHapus
  5. Paling mantaaaab resep bakso chrispy nya, aku lgs eksekusi dan sekeluarga suka semuaaa... Bakso Bonanza memang berasa bangeeet daging sapi nya - vibrievb-

    BalasHapus
  6. Mauuuu.. tapi kalau Bonanza menurutku paling enak di bikin bakso bakar.. ya Allah rasanya itu maknyuuuuus banget

    BalasHapus
  7. Enak enak semua , saya suka bakso mau model apapun hehehe mau coba ah

    BalasHapus
  8. Pengen banget deh coba bakso Bonanza,, rasanya enak kali ya... Banyak nih yang dah coba, tapi saya belum nemu.

    BalasHapus
  9. Itu bakso enak amat ya,, jadi ngiler deh mereknya Bonanza lagi ..

    BalasHapus
  10. Ini baksonya memang enak dan daging sapinya terasa banget. Jadi pengen beli lagi deh.

    BalasHapus
  11. Bakso itu salah satu yg paling favorite. Lucu sih memang, kalo lebaran kadang yg dicari makanan ini. Sekarang ada yg praktis bikin aja sendiri ya

    BalasHapus
  12. Kalau lebaran, aku lebih suka panganan seperti ini dari pada opor segala macam. Bawaannya bikin seger.
    Yang lainnya udah bosen duluan liatnya. Wkwk

    BalasHapus
  13. Seger bener neh baksonya. Apalagi berbuka puasa mantap ya.

    BalasHapus
  14. Menul2 baksonya. Iya ya buat buka puasa enak kayaknya. Bikin ah nanti

    BalasHapus
  15. Saya pun sudah mencoba, rasanya enak banget pengen lagi dan lagi

    BalasHapus
  16. Enak banget nih kalau bisa makan bakso kapan aja (terutama kalau bisa masak sendiri) ya. Belum pernah sih coba bakso Bonanza, kapan-kapan coba ah. Oh ya, Selamat Idulfitri 1439H ya. Mohon maaf lahir batin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk