Membuat Vlog Menggunakan Smartphone



 Semakin berkembangnya zaman begitu juga dengan selera pasaran penguna medsos pada umumnya, yang dulu facebook merasa paling mewah ditambah Instagram dan kini semua itu tidak cukup kalo hanya sekedar tulisan semata. Perlu ada expresi dan kini bermunculan Vlog, Pengertian vlog adalah sebuah video yang mempunyai unsur tema tertentu/yang kita inginkan dan dikemas dalam konsep dokumentasi jurnalistik kita muat dalam sebuah website.

Saya rasa sebagain orang sudah pada tidak asing deh dengan vlog, anak kecil aja sudah banyak yang mempunyai vlog, tapi sayangnya saya duduk di sebagaian yang tidak tau untuk membuat vlog yang benar dan yang memiliki jiwa.

Hari Ini kita belajar Vlog Bersama ISB dan CNI


Bersama ISB (Indonesia Sosial Blogpreneur) yang di pimpin oleh Teh Ani Berta kita akan bikin vlog yang mempunyai teman dan jiwa. Kali ini kita akan belajar bersama Kang Dudi Iskandar yang siap mengajarkan kita membaut vlog yang mudah dan bagaimana cara mengeditnya.

Untuk membuat Vlog tidak perlu ripet-ribet sih, bisa kita gunakan alat yang ada misalnya Smartphone. Yap kita bisa gunakan Smartphone yang kita miliki dan mualai berkreatif untuk mulai membuat video, oh iya Smartphone yang saya maksud yang ber kamera ya bisa juga kamera komputer yang penting kamera itu dapat berkerja dan menghasilkan gambar vidio yang bagus.

Persiapan Vlogging Untuk Pemula :

1.       Alat yang dibutuhkan
·         Smartphone (Android, Ios, Winphone, BB)
·         Tripod
·         Monopod/Tongsis
·         Stedy Cam
·         Remot Control/Tomsis
·         Holder Tripod
·         Microphone tambahan
·         Voice Recorder (Alternatif)

2.       Tentukan Tema
Layaknya seperti kita ingin menulis pastinya harus menentukan Tema terlebih dahulu, begitu juga untuk membuat vlog kalian harus menentukan tema apa yang akan kalian bawakan sehingga saat mengedit video kalian tidak bingung. Saat membuat video/vlog kita juga harus membangun rasa percaya diri loh, kalo kita merasa ragu saat menyampaikan pesan pasti video/vlog akan terasa aneh saat dilihat orang. Kimpulkan rasa percaya diri dulu, latihan agar tidak gerogi di depan kamera dan berbicaralah di depan cermin kalian merasa lebih percaya diri di ambil saat seperti apa.

3.       Ada lima Cara Shoot
·         Close up muka
·         Close up aktivitas
·         Wide Shot
·         Side Shot
·         Over The Shoulder Shot

Ani Berta dan Kang Dudi Iskandar


Kang Dudi juga menjelaskan istilah-istilah yang biasa digunakan saat membuat vlog, jujur awalnya saya kurang faham tapi karna berasa baru denger istilah itu, jadi istilah itu adalah:
·         Scene ( tempat setting kejadian berlangsung)
·         Shoot ( satu rangkaian gambar tanpa interupsi)
·         Sequence (rangkaian scene/shot yang merupakan satu kesatuan utuh)

Saya sendiri lebih suka menggambil gambar dengan durasi 5-10 detik, dan ternyata itu yang disebut Cut to Cut.  Cara ini sangat dianjurkan untuk kalian yang membuat vlog menggunakan Smartphone karna lebih mudah saat pengeditan. Long Shoot adalah penggambilan video/vlog tanpa jedah waktu dari awal penggambilan gambar hingga akhir, dan biasanya menggunakan kamera dslr.

Cara Mengedit Video Menggunakan  Smartphone:

Untuk membuat “Cover” pada vidio atau kita ingin memasukan kata-kata kita bisa unduh aplikasi “Legenda” pada play stor. Kalian bisa tulis apapun kalimat yang di inginkan dengan max 100 karakter, lalu pilih deh gambarnya (galeri, kamera) mau seperti apa bebas asal sopan. Ada banyak Templet yang bisa kalain gunakan Klik tombol “play”  untuk lanjut proses edit/penyuntingan. Lalu jadi deh.



Sekarang kita mula untuk edit/menyunting Video agar menjadi vlog yang kece, tapi tetep sebelum itu kita memerlukan aplikasi, dan kali ini kang dudi menyuruh kita untuk menggunakan “Power Director”. Sebelumnya saya memakai viva video untuk mengedit tapi kini kita belajar dengan benda yang baru, cara pengoperasianya pun hampir mirip dengan viva video. Sebelum mulai tetep ya kalian harus menentukan tema video itu jangan samapi nggak nemu tema jadinya bingung sendiri.

Langkah pertama Klik “New Project”  kasih judul dan pilih aspect ratio 16:9 (landscape). Pilih deh video mana saja yang akan kamu gunakan , biar tambah kece masukan musik juga ya jika sudah selesai coba di play. Jika masih ada yag kurang bisa kok di edit ulang dan kamu bisa tuh masukan  video yang sudah kamu edik menggunakan Legenda.



Jujur saya belum Percaya Diri untuk shoot langsung kediri saya, jadi gunakan bebda mati deh lebih mudah diatur tanpa ada yang komplein hihihi. Oh iya saat mengerjakan tulisan ini saya ditemani dengan secangkir minuman hangat yaitu "Hot Dark Chocolate dari CNI". Rasanya itu enak banget dan ada campuran gingsengnya coklatnya bisa menenangkat tubuh agar lebih relax dan kandungan gingsengnya pas untuk menambah stamina yang kendor, kalian bisa membelinya lewat online loh.

Komentar

  1. ia ya kak, anak kecil aja sudah banyak yang punya vlog, jgn mau ditinggalin.. makasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  2. Paling simpel kalau bikin video di smartphone ya Mba :D

    BalasHapus
  3. Asiiik adem-adem minum hot chocolate CNI. Pikiran jadi lebih tenang.

    BalasHapus
  4. suka ya ikut kelas gini. Next ikutan akh

    BalasHapus
  5. Vlog emang makin hits sih, belakangan ini. Nggak ada salahnya juga untuk dipelajari.

    BalasHapus
  6. Eh di foto saya nya nongol di belakang... 😁 haddeh...
    Pokoknya jadi enak deh sekarang tampilan Blog, bisa selipin vlog.. Hehehe

    BalasHapus
  7. Vlogx kece ya. Moga makin banyak orang yang dapat menyebar lebaikan melalui vlog

    BalasHapus
  8. Wah... berguna sekali ilmunya khususnya untuk anak zaman now. Vlog udah ngga susah lagi, semuanya bisa diselesaikan dengan tahap tahap yang lebih mudah dan jelas

    BalasHapus
  9. Wah... berguna sekali ilmunya khususnya untuk anak zaman now. Vlog udah ngga susah lagi, semuanya bisa diselesaikan dengan tahap tahap yang lebih mudah dan jelas

    BalasHapus
  10. Tooosss saya juga pengguna Power Director sejak awal bikin video2. Soalnya lebih mudah dipahami fitur2nya, beli yg premium pun murah :D

    BalasHapus
  11. Ilmunya berharga banget nih Mbak buat saya yang lagi pengen ngembangin kemampuan ke vlog. TFS ya. Soalnya sering browsing tapi nggak nemu yang penjelasannya kayak gini. Btw kalo menurut mbak sendiri, enakan mana pakai viva sama power director? Saya juga biasanya pakai viva.

    BalasHapus
  12. Mau belajar juga mbak ngevlog, pengin bikin video-video tutorial tapi belum paham bener caranya gimana. Terima kasih atas sharingnya yang memberi pencerahan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk