Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk

Jakarta, 23 januari 2018- WHO menetapkan batas toleransi stunting (bertubuh pendek) maksimal 20% atau seperlima dari jumlah keseluruhan balita. Sementara, di Indonesia tercatat 7,8 juta dari 23 juta balita adalah penderita stunting atau sekitar 35,6%. Sebanyak 18,5% kategori sangat pendek dan 17,1% kategori pendek. Ini juga yang mengakibatkan WHO menetapkan Indonesia sebagai Negara dengan status gizi buruk.

Banyak yang salah anggapan tentang 1000 hari pertama kehidupan, sebenarnya 1000 hari pertama kehidupan itu mulai dihitung pada saat dalam kandungan (ibu dinyatakan positif hamil), namun sayangnya banyak para calon ibu berfikir seperti saya kalo 1000 hari pertama kehidupan itu terhitung mulai dari seorang anak terlahir didunia.



Jadi kita harus memperhatikan nutrisi yang kita komsumsi untuk buah hati sejak dalam masa kandungan, dan disempurnakan dengan asupan gizi dengan Asi esklusif selama 6 bulan dan makanan pendamping asi. Faktor utama tingginya masalah stunting di Indonesia salah satunya adalah buruknya asupan gizi sejak janin masih dalam kandungan (masa hamil), baru lahir, sampai anak berusia dua tahun. Kekurangan gizi pada dua tahun pertama kehidupan dapat menyebabkan kerusakan otak yang tidak dapat lagi diperbaiki. Investasi gizi pada 1000 hari pertama kehidupan merupakan kewajiban yang tak bisa ditawar lagi karna itu merupakan pondasi awal untuk masa depan anak.

Dizaman sekarang ini banyak sekali orangtua yang faham akan masalah ini tapi karena mereka terlalu menganggap sepela jadi mereka tidak terlalu perduli dengan asupan gizi anak, kadang kita jarang memberikan sarapan pagi untuk mereka saat berangkat kesekolah dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk jajan disekolah yang kita tidak tau adakan nilai gizi pada makanan yang mereka komsumsi atau sehatkan makanna mereka dengan kadar gula yang tinggi hingga mengakibatkan karias gigi atau apa ada bahan pengawet didalamanya.

Peningkatan IMT pada anak dipengaruhi oleh konsumsi minuman manis dan makanan lemak tinggi (Millar 2013). Pola makan dengan lemak tinggi dan rendah serat secara longitudinal berhubungan dengan peningkatan adipositas.

Hasil penelitian startika (2011) menunjukan adanya hubungan antara asupan energi dan protein denagn obesitas pada anak (p<0,05). Kemungkinan disumbang oleh konsumsi makanan cepat saji (makanan modern) yang tinggi energi, tinggi lemak, tinggi garam dan rendah serat.

Lalu bagai mana agar anak kita terhindar dari yang namanya stunting dan gizi buruk, itu semua sangat mudah bunda usakan semua makanan yang akan dikomsumsi dimasak dari dapur rumah bunda sendiri, selalu masak dengan fariasi menu yang beragam agar anak tidak bosan, bawakan selalu anak bekal makan agar menghindari anak dari jajan diluar.

Dr. Damayanti Rusli s, SpAK, phd "Permasalahan gizi tidak hanya akan mengganggu perkembangan fisik dan mengancam kesehatan anak, namaun dapat menyebabkan kemiskinan. Kenapa demikian, Pertumbuhan otak anak yang kurang gizi tidak akan optimal sehingga akan berpengaruh pada kecerdasanya di masa depan. Dengan demikian, peluang kerja dan mendapatkan penghasilan lebih kecil pada anak stunting"

Rekomendasi Pangan Yang baik untuk anak, PGS Anak usia 2-5 Tahun.

  1. Biasakan makan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam) bersama keluarga.
  2. Perbanyak mengkonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, telur, tempe, dan tahu.
  3. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  4. Batasi mengonsumsi makanan selingan yang terlalu manis, asin dan berlemak.
  5. Minumlah air putih sesuai kebutuan.
  6. Biasakanlan bermain bersama dan melakukan aktivitas fisik setiap hari.
 Gizi buruk tidak dapat dilihat dari perekonomian saja, Stunting dan Gizi buruk tidak hanya dialami masyarakat ekonomi lemah, namun juga masyarakat menengah ke atas. Penyebabnya adalah pemahaman masyarakat yang salah terkait kebutuhan nutrisi anak.

"Orang tua harus paham betul kebutuhan nutrisi anak, makanan yang baik dan tidak baik, tidak terpengaruh gaya hidup yang serba instan serta iklan-iklan produk makanan anak yang kadang menjanjikan hal yang berlebihan" uangkap Prof. Dr. Dodik Briawan MCN

Satu lagi yang harus bunda ketahui SKM itu bukan susu karna hampir 40% kandunganya adalah gula, dan ini sangat cocok untuk toping makanan bukan dikomsumsi secara rutin apalagi sebagai pengganti susu dan dikomsumsi dengan ditambahkan air mineral.

Hai sekalian manusia, makanlah yang halah lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janagn kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui. (Al-Baqarah ayat 168-168).


Komentar

  1. Save generasi emas dari anak2 kita, dan terapkan pola gizi yang seimbang dan konsumsi makanan beranekaragam agar sehat dan cerdas

    BalasHapus
  2. Save generasi emas dari anak2 kita, dan terapkan pola gizi yang seimbang dan konsumsi makanan beranekaragam agar sehat dan cerdas

    BalasHapus
  3. yup setuju banget sama artikel ini, indonesia darurat gizi dan ini bukan karena ekonomi saja tapi gaya hidup juga mempengaruhi, nice sharing, makasih mbak

    BalasHapus
  4. Aku suka menyediakan telur rebus atau poached eggs pada pagi hari

    Pengaruh ngga yaaa

    BalasHapus
  5. Artikel bagus.. Harus lebih semangat nihh masak makanan2 sehat.

    BalasHapus
  6. 1000 hari pertama adalah investasi berharga.

    nice article Mba Echi :)

    BalasHapus
  7. ngaku sayang anak berarti harus rela repot mikirin gizi dalam makanan anak2 ya mbak Echi ^__^ thanks artikelnya, cukup 'nyentil' buatku yg gak pinter masak dan masih sering ngandelin makanan instan. hiks

    BalasHapus
  8. Penting banget investasi 1000 hari pertama kehidupan untuk tumbuh kembang yang optimal.

    BalasHapus
  9. Yup. Makanannya bergizi di mulai dari rumah.

    BalasHapus
  10. Asupan juga harus seimbang ya kakak , jadi kebutuhan gizi anak terpenuhi

    BalasHapus
  11. Semoga makin banyak ibu2 yang melek informasi agar kasus gizi buruk tak lagi menghantui anak2 di negara kita.

    BalasHapus
  12. Lebih pandai mengolah makanan sehat dan membiasakan anak makan di rumah, akan mewujudkan Generasi Emas 2045

    BalasHapus
  13. Yuk mulai makan makanan sehat untuk keluarga.

    BalasHapus
  14. Aku juga baru tahu 1000 hari pertama itu maksudnya 1000 hari pertama janin, oaalaahh.. Nyesel juga sih pas hamil suka cuek sama makanan yang dimakan. Padahal janin udah ikutan makan ya, apalagi anak pertama kuyus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk program baby selanjutnya bisa kita mulai dengan benar ya mba

      Hapus
  15. Untunglah dirumah SKM hanya buat olesan roti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu kalo keterusan utk minum bisa gawat

      Hapus
  16. Penting banget ya mak 1000 hari pertama itu. Kebayang kalau kita missed g akan terulang lagi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga sebenarnya baru tau , yuk kita share agar tercipta generasi emas

      Hapus
  17. saya berusaha mungkin untuk mengolah makanan secara homemade .karna lebih terjamin kebersihannya dan gizi yang d perlukan untuk anak saya. seminimal mungkin untuk mengurangi makanan instans untuk anak anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh senangnya kalo punya bunda bijak seperti ini

      Hapus
  18. Pengetahuan akan pentingnya pemenuhan gigi pada anak hrs dimiliki oleh setiap calon Ibu ya,jd saat mengandung tahu apa saya yg harus dikonsumsi tuk mencetak generasi emas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget tapi ayah juga harus tau, utk saling kerja sama

      Hapus
  19. Penting banget ya mba memperhatikan asupan dan gizi anak ...

    BalasHapus
  20. Membiasakan makan makanan yg sehat terutama 1000 hari pertama menentukan pertumbuhan yg normal, tapi kebanyakan org menyepelekan masalah ini, menyayangkan sekali

    BalasHapus
  21. Anakku masih susah makan sayur n buah

    BalasHapus
  22. Makanan kaya protein itu penting banget ya. Makanya anak2ku sering kukasih daging.

    BalasHapus
  23. Sebagai ibu kita wajjb ya memperhatikan asupan si kecil

    BalasHapus
  24. Makanan bergizi itu penting sekali, tapi masih banyak yg belum menyadarinya.

    BalasHapus
  25. Pelajaran banged,ternyata salah satu yang penting penyebab dari stunning dan gizi buruk adalah faktor pemahaman masyarakat yang salah terkait kebutuhan nutrisi anak,bukan hanya dari segi ekonomi saja..

    Nambah ilmu lagi baca artikel bun echi ini,nice sharing bun sayang 😍

    BalasHapus
  26. Pelajaran banged,ternyata salah satu yang penting penyebab dari stunning dan gizi buruk adalah faktor pemahaman masyarakat yang salah terkait kebutuhan nutrisi anak,bukan hanya dari segi ekonomi saja..

    Nambah ilmu lagi baca artikel bun echi ini,nice sharing bun sayang 😍

    BalasHapus
  27. Masih banyakbbange pr kuksebagai orang tua. Hiks

    BalasHapus
  28. Stanting sedang booming nih dibahas di acara talkshow kesehatan. Nggak bisa dianggap sepele hal ini karena efek panjangnya berpengaruh dengan kualitas hidup anak di masa depan.

    BalasHapus
  29. Pengaruh keadaan keluarga menyebabkan gizi buruk. Kasian y'all.ewek nih. Semoga Indonesia tambah makmur

    BalasHapus
  30. Penting banget yaa, 1000 Hari Pertama Kehidupannya, janin di dalam kandungan diberikan nutrisi. Yuk, mulai sekarang lebih memperhatikan asupan nutrisi untuk ibu hamilnyaa.

    BalasHapus
  31. Seru juga kalau misalnya bisa berkreasi dengan pudding sebagai hantaran. Ongkos produksi ngga begitu mahal tapi kalau pintar berkreasi pasti bagus hasilnya. Besok besok kalau banyak yg suka bisa dijadiin bisnis ya

    BalasHapus

Posting Komentar