Selamat Hari Kesehatan Nasional (NKH) ke-53

Selamat pagi hari libur enaknya ngapain ya... pasti ada yang mau nerusin bobo sampai siang, atau beberes rumah dengan keluarga tercinta, bahkan masih ada yang lembur untuk mengerjakan tugas kantor yang belum rapin. Kalo kebiasan keluarga kami kadang suka ikut CFD di tempat tinggal kami bintaro, memenin anak main sepatu roda, lari-lari kecil kadang juga ikut senam yang di selenggarakan salah satu mall.

GERMAS (Gerakan masyarakat hidup sehat) juga saya terapkan dirumah loh, mengajarkan anak-anak sedari kecil. Dimulai dari aktifitas sederhana misalnya cuci tangan setelah beraktivitas dan ketika ingin makan, selalu membuang sampah pada tempatnya dan yang paling utama adalah mengajarkan anak-anak untuk menyukai komsumsi sayur-sayuran, ikan dan buah dengan cara membawakan mereka bekal untuk kesekolah agar tidak jajan sembanrangan.



Suasana car fee day (CFD) dikawasan bundaran Hotel Indonesia minggu itu sangat jauh berbeda, Jakarta, 12 November 2017. Kurang lebih 10 ribu orang berkumpul dari berbagai jajaran kesehatan, jajaran kementrian/lembaga, BUMN, institut pendidikan kesehatan, mitra kesehatan, dan organisasi masyarakat telah berkumpul di bundaran HI untuk memperingati Hari kesehatan Nasional (NKH)ke-53.

Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Mentri kesehatan Nila F. Moeloek, sekretaris jendral Kemenkes Untung Suseni Sutarjo dan ketua pelaksana hari kesehatan nasional ke-53 Bpk Usman Sumantri.





Puncak peringatan NKH juga dihadiri oleh Wakil Presiden R.I  H.M Jusuf Kalla dan beberapa mentri kabinet kerja, sejumlah kementrian dan lembaga lain juga turut memeriahkan acara ini dengan mengirimkan utusan masing-masing.

"Disetiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, dari segi bahasa, budaya dan makanan pokok, tapi dari semua itu hal yang harus kita lakukan adalah bagai mana kita memberikan yang terbaik untuk keluarag dan masyarakat disekita. kita dukung GERMAS berikan keluarga tercinta makanan yang sehat dari sayur mayur aneka rupa, tahu tempe, anekan ragam ikan" ujar Bpk Jusuf Kalla.

Melalui GERMAS, diharapkan agar kerjasama antara sektor dan lintas program menjalin kata lisator bagi masyarakat untuk mampu hidup sehat, yang pada akhirnya yang dapat membantu sumber daya Indonesia yang unggul  sehingga menjadi pondasi bangsa Indonesia yang kuat.

Puncak peringatan HKN ke-53 diawali dengan kegiatan karnaval sehat Germas yang diikuti oleh perwakilan dari KemenPAN RB, Bappenas, LAN, Kementerian Pariwisata, Kemhan, BNPB, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, BBPK, Bakamla, BNN, Kementerian KKP, Kementerian ESDM, RS Fatmawati dan Save The Children. Kegiatan karnaval dimulai dari kawasan silang monas dan berakhir di Bundaran HI.



Dan hari itu rame banget dan bundaran HI dibanjiri oleh warna biru dongker, tidak hanya itu karna kita mengkampanyekan Kesehatan Nasional, juga di adakan Bazaar dari mulai aneka buah dan sayuran organik dan tidak ketinggalan ada juga aneka tangkapan dan makanan olahan laut mulai dari cumi-cumi, ikan, udang dll. Disini saya ikut belanja ikan juga loh adauh sudah kebayang udang dan ikan akan diolah seperti apa nanti.


Tidak itu saja, Rekor dunia tercipta di acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang diperingati di Bunderan HI. Tercatat sebanyak 120 ribu orang mengikuti senam tersebut dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-53.

Direktur rekor MURI, Jaya Suprana mengatakan senam ini diajukan sebagai rekor Indonesia, namun dirinya mengaku menolak ajuan tersebut. Jaya Suprana malah menetapkan senam peregangan serentak itu sebagai rekor dunia.

Komentar

  1. Sehat dimulai dari rumah ya mbak, dgn cara dibiasakan buang sampah pada tempatnya itu termasuk ya mbak. Btw sayang waktu CFD kemaren aku gak ikut, wahh ada bazar yaa... Semoga nanti ada lagi yaa

    BalasHapus
  2. Semoga dengan kegiatannya seperti ini, masyarakat lebih sehat dan sering-sering ya ngadain acara kayak gini

    BalasHapus
  3. Waakaakak aku nulis jg ttg dirimu yang beli udang di acara ini loh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk