Mendadak Belajar Bahasa Jawa, Di Kedai Bakso daerah Tebet

Hallo loha.... Siapa sih yang nggak suka sama makanan yang namanya bakso. mungkin jika dibandingkan sampai 10, ada 1 orang yang tidak suka bakso, makanan yang berbahan dasar daging dengan campuran tepung tapioka dan sedikit rempah ini paling enak dimakan saat suasana setengah laper hihihi. Dengan aneka toping ada bihun, mie kuning dan aneka sayuran dari toge, sawi hijau bagi yang suka sayuran ya.

Berhubung kemacetan jakarta membuat perut kami keroncongan, dan menepi ke Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.47 Jakarta. Baru turun dari mobil tapi aroma baksonya itu loh sudah memanggil-manggil kami untuk segera duduk dan mulai memesan makanna. Sempat dibuat terheran-heran dengan pelayanan di tempat bakso ini, entah saya yang salah dengar atau memang pelayannya menggunakan bahasa jawa.



*Bade Pesen menopo mba..?
* Hah apaan mas.. oh pesen, mas nggak bisa pakai bahasa Indonesia apa?/
 * Boten mba..
* oke deh aku pesan Bakso so'un 2, kriuk-kriuk, air jeruk hangat dll
* Sampun meniko mawon
* iya itu dulu deh mas.

Jujur baru pertama kali makan bakso disini karna rekomendasi seorang teman, Kami bertiga yang baru dateng jujur saat pelayannya datang dan berbicara sambil meraba-raba untuk menerjemahkan apa arti dar kalimat yang keluar dari mas ini. Walau gw keturunan Jawa tulen bokap Semarang dan Nyokap Banyumas jujur gw nggak bisa bahasa jawa secara lahir di Jakarta dan besar disini.



Sambil nunggu pesanan beranjak jalan-jalan, dan iseng ngobrol dengan karyawan yang lain. "Bu memang karyawan disini harus pakai bahasa jawa ya?" Edisi kepo. "Enjeh mba, sing kerja jawa sakabean, injeng seko semarang, Jogja, purwekerto". Ya ampun si ibu koki disini jawabnya juga pakai bahasa jawa juga ampun deh tambah pusing gw, mending balik ke bangku deh. 

Ada yang unik disini kalo pesanan salah satu pengunjung sudah siap lonceng akan di bunyikan, dan salah satu pelayan akan menghampiri dan membawakanya ke meja.



Bakso disini ada dua macam bakso urat dan bakso daging, kalo bakso urat kita menikmatinya ada sensasi tersendiri karna ada potongan urat yang bikin kenyal-kenyal, bakso dagingnya aku suka hals lembut dan rasa bagingnya berasa untuk kuah kaldunya rekomendasi banget deh aku aja sampe habis tuh kuah kaldu si serusup sampai habis. Soal harga sangat terjangkau untuk anak-anak kuliahhan yang mau bawa gebetan kesini.



Bagi yang suka sama sayuran, ada toping terpisah sawinya kamu yang suka ceker juga ada loh, ini satu lagi yang enak menurut gw kriuk-kriuk bisa dibilang seperti jistik goreng tapi teksturnya akus makanya di cocol saos ajib... Oh iya nama tempatnya "Bakso So'un & Mie Ayam" Bukanya dari jam 11.00 s/d 21.00 dan ini penting hari senin tutup ya.




 

Komentar

  1. Bahasa Jawa halus. Akupun bingung jawabnya.

    BalasHapus
  2. Kalau pas lewat Tebet mampir ah, karena saya suka sekali Bakso.

    BalasHapus
  3. Ah jadi pengen juga nyiba baksonya.... Kapan kesana ah.

    BalasHapus
  4. Di daerah mana nih Mba. Makan bakso nya

    BalasHapus
  5. Echiii...bunda yang gak suka kalo bakso dorong yang lewat, kecuali bakso gepeng, atau bakso yang dibikin sendiri di rumah. Trauma soalnya udah sering ada berita-berita miring tentang temuan dalam bakso. Nah, kalo bak gepeng, baru deh gahar makannya dengan campuran toge, sawi ijo, tanpa soun atau mie, tanpa saos, cuma sambelnya dikit banget. Hhhmmm lahap deh makannya. Eeeh, gak bisa bahasa Jawa tapi itu koq ada sederet tulisan pake boso Jowo, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yang ini dapat di percaya mba dam insyaallah Halal

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk

Manfaat Berolahraga bagi tubuh