Indonesia Menuju 4.0 | Pemuda Perlu Kuasai Tiga Bahasa

Dalam Acara Obsad ke 202

Tanpa kita sadara perkembangan zaman semakin pesat, teknologi digital baru mulai bermunculan, dan kita dapat menikmati sesuatu hal hanya dengan menggunakan jari telunjuk untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Anak-anak zaman sekrang tidak cukup hanya menguasai bahasa asing saja, tapi harus menguasai tiga bahasa “Setidaknya ada tiga bahasa yang perlu dikuasai oleh anak muda yaitu Inggris, statistik, dan coding,”  perlu dipahami agar dapat berpartisipasi dalam industri digital. 

Sekarang ini Indonesia berada pada urutan 16 untuk industri dunia. Indonesia mempunyai target sendiri setidaknya pada tahun 2030 bisa masuk ke dalam 10 besar, makanya di perlukanya "Revolusi Industri Indonesia".

Untuk itu, industri nasional membutuhkan konektivitas serta interaksi melalui teknologi, informasi dan komunikasi yang terintegrasi dan dapat dimanfaatkan di seluruh rantai nilai manufaktur guna mencapai efisiensi dan peningkatan kualitas produk.

 Menurut Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT, dengan ekonomi digital kita harus punya mental yang mau menerima perubahan, selain itu penting untuk tidak pernah berhenti belajar, lalu perlu disadari juga bahwa kreativitas adalah bentuk tim, bukan individual, terutama dalam era digital. Maka dari itu, kolaborasi dan me-manage ego itu adalah hal yang penting.

"Making Indonesia 4.0" harus dimulai dengan langkah-langkah segera dengan aspirasi jangka panjang untuk lima sektor prioritas. Apa saja yang bisa dilakukan?
Aspirasi tersebut dapat fokus dalam:
1. Sektor makanan dan minuman: Menuju kekuatan besar makanan minuman di ASEAN
2. Sektor tekstil dan busana: Menuju produsen function clothing terkemuka
3. Sektor otomotif: Menjadi pemain terkemuka dalam ekspor IE dan EV
4. Sektor kimia: Menjadi pemain terkemuka di industri biokimia
5. Sektor elektronik: Mengembangkan kemampuan pelaku industri domestik

Kenapa dipilih lima sektor tersebut, karena kelima hal tersebut memiliki demand atau permintaan yang tinggi di dunia.


Di samping itu, Making Indonesia 4.0 memuat 10 inisiatif nasional yang bersifat lintas sektoral untuk mempercepat perkembangan industri manufaktur di Indonesia. Kesepuluh inisiatif tersebut, mencakup perbaikan alur aliran barang dan material, membangun satu peta jalan zona industri yang komprehensif dan lintas industri, mengakomodasi standar-standar keberlanjutan, memberdayakan industri kecil dan menengah, serta membangun infrastruktur digital nasional.





Apakah Indonesia 4.0?

Perkembangan revolusi industri telah mencapai industri ke-empat.
1. Revolusi industri pertama, yaitu ketika penemuan mesin uap yang mendorong mekanisasi proses industri.
2. Revolusi industri kedua, yaitu penerapan konsep produksi massal, penggunaan mesin bertenaga tinggi.
3. Revolusi industri ketiga, yaitu penerapan teknologi informasi dan elektronika untuk otomatisasi produksi
4. Revolusi industri keempat, yaitu integrasi dunia online dengan produk industri untuk peningkatan efisiensi nilai proses industri.

 Kalian sempat berfikir nggak sih kalo  nanti kedepanya pekerjaan yang kita lakukan akan tergantikan oleh mesin atau robot, sekarang saja sekitar 10% tanpa sadar pekerjaan kita sudah dilakukan oleh mesin dan robot. Nah agar kehidupan kita nanti tidak tergantikan oleh mesin dan robot saatnya kita berubah dan maju untuk mau berinovasi dan belajar.




Komentar

  1. Nggak cuma pemuda. Semua orang yang terlanjur hasil didikan jaman dulu juga harus belajar coding supaya tidak tersingkir dari dunia kerja.

    BalasHapus
  2. Hayuk kita wujudken Indonesia Menuju 4.0. josh nih...

    BalasHapus
  3. Bonus demografi membuat kita jadi yakin bahwa Indonesia dapat berkembang dengan cepat dan makmur

    BalasHapus
  4. Ga Harus bisa coding sih. Yg penting enggak gaptek Aja . Coding mAh urusan org IT. Kalau yg bidangnya bkn it.. ya ga Harus bisa.. minimal tidak gagap teknologi. Kalau gaptek ya ketinggalan

    BalasHapus
  5. Walaah... aku baru kuasai bahasa Indonesia aja nih

    BalasHapus
  6. Wahh..berarti Indonesia harus siap ya dengan ke 4 revolusi itu..apalagi poin yang ke 4 ya pas banget dengan dunia digital sekarang.

    BalasHapus
  7. bener ya kita harus terus berinovasi supaya gak kalah sama teknologi

    BalasHapus
  8. Betul sekali, dimasa yg akan datang, manusia akan bergantung pada teknologi, mengingat perkembangannya semakin pesat diberbagai aspek kehidupan. Ini membuat manusia di jaman sekarang menjadi malas bergerak.

    BalasHapus
  9. Semoga bonus demografi yang dimiliki Indonesia tidak di sia-siakan ya. Pemuda Indoneaia bisa.menunjukkan kemampuan dalam berbagai bidang, terutama bidang teknologi.

    BalasHapus
  10. Perkembangan teknologi sejatinya memang tidak terbendung. Tapi ngeri juga kalau semua pekerjaan digantikan oleh robot.
    PR kita semua nih untuk upgrade kemampuan, biar gak tersingkir.

    BalasHapus
  11. setuju banget bun. makanya aku pengen kursus bahasa asing nih. lagi pertimbangin mana yang mau diambil.

    BalasHapus
  12. Iya lho aku juga mikirin kudu paham coding apalagi dengan profesi sebagai blogger yang digital banget ya. Menurutmu, gimana bun?

    BalasHapus
  13. Ngga mudah loh utk menguasai 3 bahasa sekaligus dan itu dpt menimbulkan kesulitan psikologis terutama utk anak anak yg dijejali beberapa bhs.

    BalasHapus
  14. Kita harus turut mendukung kemajuan teknologi industri supaya negara kita maju ya.

    BalasHapus
  15. Making Indonesia 4.0 seakan menjadi motivasi juga inspirasi untuk perkembangan segala kemajuan bangsa agar terus berinovasi menjadi yg terbaik juga terdepan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk

Mendadak Belajar Bahasa Jawa, Di Kedai Bakso daerah Tebet