Dengan Sarapan Sehat Menciptakan Generasi Cerdas



Sarapan sangat penting untuk tubuh kita, selain berfungsi untuk bahan bakar saat aktif seharian sarapan juga berfungsi untuk kecerdasan dan konsentrasi loh. Pastikan saat sarapan kalian menganut sengan 6J, apa itu nanti dibawah akan saya jelaskan ya.

Jakarta, 4 Maret 2018 kemarin kita para Blogger di undang dalam acara CFD di kawasan Sarinah, Ingin mengkampanyekan pentingnya sarapan bagi tubuh kita. Selain ada talkshow yang menambah wawasan kita, juga data permainan di both yang ada disana. Pokoknya seru banget deh.

Bekal Sarapan Dengan Gizi Seimbang


Dalam rangka perayaan pekan sarapan nasional (PESAN) 2018 yang diperingatu setiap 14-20 Februari, Nestle menggelar kampanye Ayo Bangun Indonesia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2017, Ayo Bangun Indonesia merupakan bentuk komitmen Nestle untuk terus mendukung masyarakat Indonesia menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang serta gaya hidup aktif dalam rangka turut mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.

Banyak sekali masyarakat yang belum mengerti apa sangat pentingnya sarapan untuk tubuh kita, “Data pada 2012 menunjukan bahwa 17-59% siswa sekolah dan remaja serta 30,2% wanita dewasa tidak terbiasa sarapan. Untuk kualitas sarapan , 45% anak sekolah belum memenuhi kebutuhan gizi sarapan, 70% belum memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sarapan, serta 90% belum memenuhi kebutuhan serta sarapan” papar Prof Dr.Ir. Hardiasyah.



Ahli nutrisi ketu PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. DR. Ir. Hardinsyah yang merupakan salah satu pembicara dalam sesi bincang-bincang Ayo Bangun Indonesia 2018 memaparkan masih banyaknya penduduk  Indonesia yang tidak terbiasa sarapan. Selain itu, kualitas sarapan yang dikomsumsi, seperti kandungan energi, protein, vitamin dan mineralnya juga masih belum memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah.
Salah satu manfaat Srapan bagi anak sekolah adalan meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi. Bunda tau nggak anak sekolah itu memerlukan asupan nutrisi  yang baik untuk tubuh dan otak,  agar saat belajat lebih konsentrasi dan tidak mudah lelah/mengantuk.  Saat kita sarapan sebelum beraktifitas makan konsentrasi belajat akan berada dalam level yang tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan sama sekali. Namun perlu kita catat harus dengan sarapan dengan gizi yang seimbang.

Manfaat Sarapan Bagi Kecerdasan Otak.
Jika Bunda memberikan sarapan yang bernutrisi dengan gizi seimbang, makan sudah pasti otak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan setiap anak. Pastikan bahan makanan yang bunda buat adalah bahan yang segar dan bersih, buatlah sarapan yang menarik anak agar lahap untuk memakanya. Hindari sarapan dengan menu jungfood karna itu adalah makanan kualitas buruk, sajikan makanan yang dibuat sendiri jika tidak memungkinkan bisa kita sajikan sereal dengan susu.

Manfaat Sarapan Meningkatkan Daya Ingat
Manfaat sarapan pagi bagi memori dan fokus akan ditingkatkan pada remaja yang akan makan sarapan pagi rendah glisemik dari pada mereka yang  memiliki indeks glisemik tinggi atau melewatkan sarapan pagi. Itulah kenapa, saat sarapan pagi, anada disarankan untuk  mengkomsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, outmel dan makan berserat tinggi lainya.

Daya ingat akan meningkat jika menambahkan asama lemak omega-3 dalam menu sarapan kita, Omega -3 sendiri dapat kita dapat dari biji rami, atau ceri berwarna gelap. Karena kandungan flavonoid-nya yang tinggi dapat meningkatkan daya ingat.

Namun Prof. Dr. Ir. Hardinsyah kemudian menjelaskan bagaimana kebiasaan sarapan di kalangan siswa sekolah dasar di Indonesia semakain meningkat selama lima tahun terakhir ini.

Bagi Bunda yang selalu mengeluh dengan berat badan, sehingga memutuskan untuk tidak sarapan ternyata pola pikir seperti itu adalah salah besar. Karna jika kita tidak sarapan makan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan otak akan hilang, dan pada saar makan siang kondisi kita ada pada level sangat kelaparan, sehingga saat kita makan melebihi batas kebutuh tubuh dan jadinya menimbunan lemak.



Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sarapan, PERGIZI PANGAN  Indonesia menyarankan masyarakat untuk mengacuh  pada pedoman 6J ketika mempersiapakan sarapan sehat dengan Gizi Seimbang, yaitu :
1.       Jenis makanan dan minuman pada sarapan : Karbohidrat, protein (lauk Pauk), sayur, buah dengan minuman berupa antara lain air putih, susu, kopi, teh atau jus.
2.       Jumlah pangan sesuai anjuran memenuhi sekitar ¼ kebutuhan gizi harian.
3.       Jadwal sarapan dalam kurun waktu dua jam setelah bangun tidur, dianjurkan sebelum jam 9 pagi.
4.       Jurus mengolah : dianjurkan pengolahan pangan tidak rumit dan hemat waktu agar kandungan zat gizi pada makannan tidak banyak hilang.
5.       Jurus menyiapkan: penyajian yang menarik agar menggungah selera dan variasi makanan agar tidak bosan.
6.       Jurus mengkomsumsi: tidak amakn tergesah-gesah, sambil berjalan, main HP atau berlari.

Bunda sudah taukan harus bagai mana menyikapi atau mengakali agar anak-anak tercinta agar mau duduk manis untuk sarapan bersama. Duduk dimeja makan bersama keluarga tercinta sambil menikmati sarapan selain untuk kebutuhan nutrisi ternyata juga meningkatkan rasa peduli dengan hubungan keluarag satu dengan yang lain.



Penyelenggaraan Ayo Bangun Indonesia 2018 juga diramaikan dengan peluncuran buku Mitos & Fakta Sarapan, yang disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerja sama dengan Nestle Indonesia. Buku yang dapat diunduh di www.sahabatnestle.co.od mulai tanggal 7 Maret 2018 ini mengulas sarapan dari berbagai sisi, mulai dari waktu yang tepat untuk sarapan, menu yang direkomendasikan untuk sarapan hingga hubungan sarapan dengan berat badan.

“Keseluruhan rangkaian kegiatan Ayo Bangun Indonesia ini merupakan wujud komitmen Nestle untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat”

Komentar

  1. Aku pun membiasakan anak-anak untuk sarapan..Kasian kalo ga sarapan, ntar jadi lemot mikirnya

    BalasHapus
  2. Pentingnya sarapan sebagai penambah energi di awal hari utk beraktifitas. Semoga semakin banyak yg menyadari itu akan peran pentingnya

    BalasHapus
  3. aku suka sarapan! iya sih emang kl nggak sarapan tuh bawaannya lemes banget ya

    BalasHapus
  4. Sarapan sangat bermanfa.at bagi tubuh, biar badan ga melar seperti saya.

    BalasHapus
  5. Betul bun, sarapan itu penting banget. Aku suka gemetaran kalo ga sarapan, trus udahnya masuk angin deh.

    BalasHapus
  6. Gizi seimbang sangat penting ya buat tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  7. Senengnya bisa pakai wadah Makanan dari nestle.. cos bermanfaat banget. Sudah dibagi bagi berdasarkan kebutuhan gizi seimbang

    BalasHapus
  8. Anak2ku juga wajib sarapan, jadi inget dulu sekolah tuh jarang sarapan hehe..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk

Mendadak Belajar Bahasa Jawa, Di Kedai Bakso daerah Tebet