Kenali Resiko Jantung Koroner Bersama KALCare

Seperti yang kita tau Jantung adalah organ yang paling penting dalam tubuh kita, berupa sekumpulan otot berukuran sekepalan tangan orang dewasa. Berfungsi untuk memompa aliran darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi penting lainya keseluruh tubuh. Ketika salah satu bagian jantung memiliki gangguan, maka fungsi kerja jantung akan terganggu dan otomatis fungsi kerja lainya akan berpengaruh daya kerjanya terhadap tubuh.



Gaya hidup, kurangnya istirahat dan faktor makanan juga berpengaruh sangat besar terkadap fungsi pada jantung, mingu-minggu ini agak kaget dengan fonis dokter bahwa suami saya ada kebocoran pada katup jantungnya, jika katup jantung sudah terbuka dengan diameter sekecil apapun sangat mustahil dan tidak akan bisa untuk tertutup kembali.

Penyakit jantung juga ada bermacam-macam jenisnya tergantung dari asal gangguan tersebut muncul, beberapa jenis dibawah ini adalah penyakit jantung yang harus diwaspadai.
  • Penyakit Jantung Koroner
  • Imfark Miokard ( kerusakan dan kematian otot jantung)
  • Gagal Jantung
  • Kardiomiopati (pelemahan dan pembesaran otot jantung)
  • Kelainan katup jantung
  • Penyakit jantung rematik
  • Penyakit jantung bawaan
  • penyakit Serebrovaskular
  • Fibrilasi Atrial

Penyebab Jantung Koroner.

Jantung koroner pada mulanya disebabkan penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (Pembuluh koroner), dan hal ini lama kelamaan akan diikuti berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah dll. Dan semua proses itu akan mempersempit dan menyumbat aliran darah tersebut, hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius antara lain Angina pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung yang dalam masyarakat dikenal dengan serangan jantung yang dapat mengakibatkan kematian mendadak.

Ada beberapa faktor penyebab jantung koroner salah satunya adalah merokok, kadar kolesterol yang tinggi dan diabetes militus, dan beberapa penelitian lebih lanjut mengungkapkan faktor genetik dan keturunan sebagai faktor potensial lain yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner/iskemix.

Sayangi Jantung Anda Rubah gaya hidup & Pola makan.

Semua dokter pasti mengiginkan pasienya menjadi sembuh dan sehat seperti sediakala, coba untuk merubah gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat agar penyakit jantung anda tidak semakin memburuk, berikut ini ada beberapa tips cara pengobatan penyakit jantung yang disarankan dokter kepada suami saya :
  1. Hentikan kebiasaan merokok
  2. Menurunkan dan menjaga berat badan
  3. Rajin berolah raga dan lakukan aktifitas fisik lainya  
  4. Perbaiki pola tidur anda dan istirahat yang cukup
  5. Menerapkan pola makan yang lebih sehat, seperti mengurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol, lemak jenuh dan memperbanyak komsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksida
  6. Menjaga dan mengontrol penyakit penyebab jantung koroner , seperti penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

dr. Febtusia Puspitasari, Sp.JP 

Beberapa waktu lalu saya menghadiri acara di KALCare Bintaro, acaranya sangat seru ada talkshow bersama dr. Febtusia Puspitasari, Sp.Jp membahas tentang resiko penyakit jantung dan juga ada "Nutrive Benecol". Banyak sekali informasi yang didapat tentang bahaya penyakit jantung koroner seperti yang saya tuliskan diatas. Juga ada pemeriksaan kadar kolesterol geratis loh seru banget deh acaranya.




Nutrive Benecol adalah minuman smoothies yang diformulasikan secara khusus dengan plant stanol ester yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dua botol Nutrive Benecol setelah makan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta membantu mengurangi risiko jantung koroner. Anda cukup komsumsi Nutrive Benecol dua botol/hari juga teruji klinis dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 11% , hingga kolesterol total 8% dalam waktu 2 minggu.
 

Komentar

  1. Terkadang kita seringkali tidak bisa mendisiplinkan diri untuk menjaga pola makan. Selagii selera belum terpenuhi biasanya masih aja tuh menggayang makanan favorit, hehe... Alhamdulillah pemeriksaan darah di Lab -- bunda harus menjaga makanan yang mampu menjadikan kolestrol di badan bunda tidak naik. Asyik, ya, mengikuti acara-acara seperti ini.

    BalasHapus
  2. Segala penyakit lebih mudah datang dengan pola hidup yg kurang teratur dan tdk sehat. Apalagi jantung sebagai alat vital organ tubuh manusia...yuu..mulai memempa diri menerapkan hidup sehat

    BalasHapus
  3. Hadeeeuh.. Pola makan y, susah kalo sudah biasa tapi demi sehat harus d coba kan

    BalasHapus
  4. serem penyakit itu ya, musuh terbesar manusia hihihi tapi masalahnya memang si manusianya sendiri sih yg susah kalau disuruh hidup sehat.

    BalasHapus
  5. Penyakit jantung aslinya dari kolesterol ya. Serem banget ah. Kolesterolku tinggi nih.

    BalasHapus
  6. Salah satu cara melindungi diri dari penyakit jantung ya menjaga pola makan dan hidup sehat. Dan selalu cek kesehatan secara rutin.

    BalasHapus
  7. Pola hidup sehat, makan makanan sehat dan mengurangi berat badan jadi upaya saya untuk menghindari penyakit jantung koroner.

    BalasHapus
  8. Bener banget bun, secara jantung itu si silent killer. Kudu waspada dan terus bergaya hidup sehat

    BalasHapus
  9. PJK ini termasuk silent killer, bahkan untuk yang suka olahraga. Ternyata olahraga berlebihan bisa membuat serangan jantung

    BalasHapus
  10. Nah ini dia penyakit yang berbahaya karena sekali koma bisa merenggut nyawa. Hmmm bermanfaat banget informasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi Anak Dengan Makanan Bergizi Seimbang, Untuk Mencegah stunting dan Gizi Buruk

Mendadak Belajar Bahasa Jawa, Di Kedai Bakso daerah Tebet